belajar menggambar realis

(saran saya nggak usah ngeklik gambarnya jika kalian nggak ingin lebih kecewa, haha..)

karena hari ini saya nggak sempat menulis, jadi saya hanya akan mengupload gambar-gambar hasil proyek pribadi saya #februari belajar menggambar yang saya bilang gagal di beberapa post sebelumnya. sebenarnya saya malu mengupload ini, bahkan teman saya sendiri sempat menghina salah satu gambar (yang kebetulan sengaja tidak saya upload sebelum saya perbaiki). tapi, saya percaya komentar2 dari orang akan membuat saya lebih belajar lagi, so, here we go.

1. Mata

ini gambar pertama saya di proyek tadi. sya suka ini kalo kecil, sayangnya kalo dizoom akan sangak terlihat acak-acakan.

jreng jreng jreng jreng.

2. gambar ke2-ke3 sengaja tidak saya upload karena tidak layak, haha

4.
ini gambar saya contek dari sebuah blog yang sayangnya tidak saya catat alamatnya. sedikit saya edit karena hasil scan terlalu terang.

5. gambar ke5 sengaja tidak saya upload karena saya nggak tega. dan gambar ini yang dihina-dina sama teman saya LOL

6.
gambar ini dan gambar berikutnya tidak mirip dengan foto asli, dan kemudian saya tahu penyebabnya: karena saya tidak memakai teknik “Grid Lines”. saya nggak tau nama sebenarnya sih, itu lho semacam garis kotak2 untuk skala, kayak di peta.

7.

8. dan ini yang terakhir, yang belum saya selesaikan.. coba tebak siapa yang sedang saya coba gambar (tapi nggak mirip2 juga)??!!

 

jadi berdasarkan hasil googling saya, yang paling diperlukan dalam menggambar realis adalah kesabaran dan pengalaman. sabar untuk membuat detail-detail dari gambar asli sehingga tampak lebih keren. dan sebaiknya gambarnya semakin besar semakin banyak kesempatan kita untuk membuat gambar kita semakin detail. masalah tehnik, kata teman saya, lama-kelamaan akan ngerti kok dimana salah kita, dan bagaimana memperbaikinya. mari sama-sama belajar!

Advertisements

3 thoughts on “belajar menggambar realis

  1. saya baru2 ini bener2 tertarik sama gambar realis dan mau coba. mungkin saya akan ikutin jejak agan buat belajar gambar mata dulu, hahaha… btw, berapa lama rentang waktu agan belajar dari gambar pertama smp yg kedelapan? gambar2 agan oke2 tuh, sayang gk semuanya di post. saya juga jadi termotivasi nih, thanks ya gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s